Pertamina dan PKPU HI Riau Bina Masyarakat Olah Enceng Gondok Jadi Pupuk 

Pertamina dan PKPU HI Riau Bina Masyarakat Olah Enceng Gondok Jadi Pupuk 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)-  PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Sei Siak dan PKPU Human Initiative Riau di kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Limapuluh menggelar pelatihan mengolahan enceng gondok menjadi pupuk kaya nutrisi.

Pelatihan sekaligus pendampingi dilaksanakan Ahad (12/11/2017) di bengkel workshop yang ada di RT 04 RW 07,  

Pelatihan ini menghadirkan komunitas kompos Universitas Riau. 

Program pengolahan eceng gondok menjadi pupuk merupakan program yang diberikan dengan tujuan terbentuk suatu kemandirian masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada di suatu wilayah menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekominis sehingga menjadi satu faktor penunjang kesejahteraan masyarakat. 

Di kelurahan tanjung rhu yang merupakan wilayah yang berada di pinggiran sungai siak memiliki potensi adanya eceng gondok yang banyak. Adanya eceng gondok selama ini hanya menjadi pengganggu karena mengotori sungai dan mengganggu aktivitas penyebrangan.

Melalui program ini, harapan dari PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Sei Siak dan PKPU Human Initiative Riau adalah terbentuk suatu kelompok usaha Bersama yang mandiri khususnya dalam pemanfaatan eceng gondok menjadi pupuk. 

Dengan program ini juga selain mengurangi eceng gondok yang mengganggu namun menciptakan lapangan kerja baru di masyarakat tanjung rhu.

Setiap minggunya dilaksanakan pendampingan dan motivasi bisnis kepada penerima manfaat. 

Motivasi bisnis diberikan agar setiap penerima manfaat tidak paham dalam pengolahan saja. 

Namun setiap penerima manfaat memiliki pemahaman mengenai bisnis dan mampu mengembangkan bisnisnya dikemudian hari.

Pendampingan yang dilaksanakan Minggu (12/11/2017) yakni tentang pembuatan bokhasi dari eceng gondok. 

Materi yang diberikan yaitu bagaimana cara pembuatan bokhasi, dan standar pengontrolan mutu bokhasi yang akan di produksi.(R07/r)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index